MATERI PEMASARAN
ONLINE BAB 4
PEMASARAN ONLINE
DENGAN MENGGUNAKAN DAN MEMANFAAATKAN MEDIA SOSIAL
Media
sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi,berbagai, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forumdan dunia virtual. Kebanyakan orang mengapresiasi adanya nilai
positif dari media sosial, namun karena peningkatan dalam penggunaan situs
media sosial, maka nampak adanya korelasi positif antara penggunaan media lain
seperti yang terjadi dengan adanya kasus-kasus, predator seksual melalui online
(cyber-bullying), dan penurunan tatap muka dan interaksi langsung.
Pemasaran
viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfaataan database
pengguna internet dengan status “free”(gratis) yang telah terdaftar dan
digunakan secara massal. Contohnya yang
dapat diambil adalah urat elektronik gratis seperti yahoo!, Hotmail, dan
Gmail,selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai
penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
Pemasaran
menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai
media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka
kepada masyarakat yang lebih luas,dan mendapatkan lebih banyak tanggapan.
Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat
mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian
pesan atau iklan.
Membuat
artikel video pemasaran merupakan model yang sangat menjajikan untuk melakukan
pemasaran dan iklan melalui media internet yang dapat dibuat dalam durasi yang
relatif singkat,sekitar2-5 menit video tentang topik yang spesifik dengan
menggunakan konten tentang artikel dan sumber teks yang lain. Kemudian video
diunggah keberbagai situs video sharing seperti youtube untuk didistribusikan
ke berbagai masyarakat, baik secara terbatas dijaringan sosial, maupun media
sosial website atau blog dengan menyisipkan link ataupun embed (sisipan video)
Pemasaran
dengan media sosial bukanlah pengganti dari setiap alat pemasaran lain yang
telah kita gunakan sejauh ini. Jadi kita harus selalu menggunakan bersama
dengan alat lainnnya. Perhatian pada pelanggan yang ada pada halam Bisnis Media
Sosialdan Website yang kita kelola, kita akan memulai hasil dengan kehadiran mereka
ingin lebih banyak interaksi dengan kita, dan ketika mereka melakukannya, kita
akan dapat menyajikan produk-produk kita kepada mereka.
Kita
perlu mengetahui pengunjung halaman kita dan kemungkinan meraka akan membalas
kita dengan kepastian mereka. Beri mereka alasan untuk mengunjungi halaman
Bisnis Facebook kita dan halaman website
perusahaan kita, kemungkinan yang dapat kita lihat betapa banyak yang menjadi penggemar setia dan
klien. Ketika merak melihat bahwa kita tahu apa yang dibutuhkan mereka, maka
mereka akan mengakui kita sebagai seorang yang memperhatikan kebutuhan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar